Senin, 09 Juni 2014

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Pengorbanan adalah suatu tindakan atau kerelaan seseorang akan suatu hal,yang biasanya ditunjukan pada seseorang yang mempunyai tujuan atau makna dari tindakanya itu, dalam bentuk pertolongan dan tidak berharap imbalan dari suatu tindakan atau kerelaan, ikhlas semata-mata karna Tuhan.

Contoh film yang menyangkut tentang pertanggungjawaban dan pengorbanan seseorang adalah :

MERCURY RISING

Sebuah kode tercangging Amerika yang di buat oleh NSA (National securty agency ) dengan nama Mercury telah terpecahkan oleh seorang anak cacat (autis ) Simon Lynch (Miko Hughes) membaca code tersebut setelah ia membaca buku teka teki
Bruce Willis ( Art Jeffries ) seorang agen penyamar FBI yang sedang dalam pemindahan tugas mendapat tugas mencari seorang anak hilang,dugaan kasus bunuh diri keluarga Simon Lynch ternyata terbantah ketika Simon di temukan.
Lt. Colonel Nicholas Kudrow (Alec Baldwin) yang mengetahui dari staff pencipta Mercury Dekan Crandell (Robert Stanton) danLeo Pedranski (Bodhi Elfman),berusaha untuk melindungi kode tersebut dengan membunuh Simon.
dikarenakan kegagalan Membunuh Simon yang di lindungi Art Jerffries mereka menuduhnya menculik Simon,tetapi Thomas Jordan (Chi McBride) sadar Art tak sejahat itu ,di lain pihak Dekan Crandel yang merasa bersalah berusaha mengungkap Mercury kepada Art jeffries,tetapi rencana ini tercium Kudrow dan Dekan Crandel pun di bunuhnya
Leo Pedranski yang tahu pembunuhan Dekan Crandel mencoba menhubungi Art dengan cara lain Tetapi sayang dia juda di bunuh Kudrow untunglah Leo Peddaranski meninggalkan jejak ,Emily Lang (Carrie Preston) pacar Leo mendapati bukti tersebut dan menghubungi Art dan membagi dua ke agen Thomas Jordan ,dengan barang bukti tersebut Art melakukan perjanjian yang akhirnya tidak ada kesepakatan
Art membawa Simon keperlindungan saksi,Lomax (Kevin Conway) direktur FBI pun di minta Kudrow untuk Kudrow lah yang mengawal Simon ,agen Thomas Jordan yang mempunyai barang bukti meyakinkan Lomax bahwa sidik jari di barang bukti milik Leo pedanski.
akhirnya Lomax percaya dan membantu Art menjebak Kudrow sewaktu mengantar Simon,akhir kata simon aman dan di sekolahkan pada sekolah penderita cacat.

Film ini mengisahkan tentang seorang agen FBI, yang bertugas untuk melindungi seorang anak dari target pembunuhan setelah berhasil merusak kode pemerintah rahasia. Begitu besar pertanggungjawabannya dalam melindungi si anak tersebut agar tidak terbunuh. Dan ia rela mengorbankan apapun dalam melindungi anak tersebut.

http://www.imdb.com/title/tt0120749/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar