Selasa, 05 November 2013

Agama dan Masyarakat

  Setiap manusia di dunia pasti memiliki agama. Fungsi agama adalah sebagai pedoman hidup bagi manusia, sebagai identitas manusia,  sebagai petunjuk kebenaran, sebagai tata cara hubungan umat manusia kepada Tuhan, dan sebagai moral dalam hidup setiap umat manusia. Oleh karena itu mengapa agama sangat penting dan berpengaruh dalam hidup manusia. Agama di dunia ada 6, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha, dan Khonghucu. 
   Berbagai macam Pelembagaan Agama:

·         Islam


MUI atau Majelis Ulama Indonesia adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang mewadahi ulama, zu'ama, dan cendikiawan Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia. Majelis Ulama Indonesia berdiri pada tanggal, 7 Rajab 1395 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, Indonesia.
  
·         Kristen


Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia - PGI (dulu disebut Dewan Gereja-gereja di Indonesia - DGI) didirikan pada 25 Mei 1950 di Jakarta sebagai perwujudan dari kerinduan umat Kristen di Indonesia untuk mempersatukan kembali Gereja sebagai Tubuh Kristus yang terpecah-pecah. Karena itu, PGI menyatakan bahwa tujuan pembentukannya adalah "mewujudkan Gereja Kristen Yang Esa di Indonesia."

·         Hindu

Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PDHI) merupakan majelis tertinggi umat Hindu Indonesia.

·         Budha

Majelis Buddhayana Indonesia adalah majelis umat Buddha di Indonesia. Majelis ini didirikan oleh Bhante Ashin Jinarakkhita pada hari Asadha 2499 BE tanggal 4 Juli 1955 di Semarang, tepatnya di Wihara Buddha Gaya, Watugong, Ungaran, Jawa Tengah, dengan nama Persaudaraan Upasaka-Upasika Indonesia (PUUI) dan diketuai oleh Maha Upasaka Madhyantika S. Mangunkawatja. Tujuan didirikannya PUUI adalah untuk membantu Sangha (persamuhan biku-bikuni), oleh karena itu MBI menyatakan diri sebagai pembantu utama Sangha Agung Indonesia (Sagin) dalam pembinaan umat.

·         Konghucu

Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (disingkat MATAKIN) adalah sebuah organisasi yang mengatur perkembangan agama Konghucu di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1955. Keberadaan umat beragama Khonghucu beserta lembaga-lembaga keagamaannya di Nusantara atau Indonesia ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, bersamaan dengan kedatangan perantau atau pedagang-pedagang Tionghoa ke tanah air kita ini. Mengingat sejak zaman Sam Kok yang berlangsung sekitar abad ke-3 Masehi, Agama Khonghucu telah menjadi salah satu diantara Tiga Agama Besar di China waktu itu; lebih-lebih sejak zaman dinasti Han, atau tepatnya tahun 136 sebelum Masehi telah dijadikan Agama Negara .

Peran Agama dalam Masyarakat adalah:
   Besarnya peran agama dalam kehidupan sehari-hari memegang peran yang sangat penting. Dalam kehidupan di dunia ini harus terjadi keseimbangan antara spiritualitas dan aktivitas. Jika Spiritualitas yang terlalu besar, maka kehidupan dalam unsur materi (harta) akan kekurangan. Sebaliknya, jika aktivitas yang kita utamakan tanpa memperhatikan spiritualitas (agama) maka batin kita akan kekurangan makanan, dalam arti hati kita tidak akan tenang walaupun materi (harta) kita berlimpah.
     Besarnya iman pun sangat berpengaruh dalam sikap kita menjalani kehidupan sehari-hari. Jika iman kita kuat, maka akan dimudahkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Akan diberikan kesabaran dalam menghadapi masalah ataupun cobaan yang melanda. Dengan keimanan yang tebal, hati kita akan tenang dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan dijauhkan dari perbuatan yang keji dan munkar.
     Agama adalah suatu prinsip atau kepercayaan seseorang. Agama merupkan suatu peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial suatu masayarakat. Agama juga yang dapat memberikan rasa toleransi, solidaritas dalam masyarakat pada umumnya. Karena agama mempunyai nilai sosial yang baik untuk seluruh masyarakat agar dapat saling menghargai dan membantu walapun di Indonesia ini memiliki beragam suku, adat istiadat, agama yang berbeda-beda. Ciri suatu negara yang memiliki nilai sosial yang tinggi adalah dapat saling membantu satu sama lain terutama dikalangan masyarakat sekitar. Dengan kerpercayaan masing-masing kita dapat memberikan rasa saling menghargai dan membantu antar masyarakatsatu dengan yang lain.di samping itu kebebasan agama juga tercantum dalam uud 1945 yaitu tentang masyarakat bebas memilih agama mereka sesuai dengan kepercayaan masing-masing,untuk itu kita sebagai warga Negara yang baik haruslah saling bertoleransi antar umat beragama agar Negara ini selalu rukun dan damai.


Saya ingin berbagi pengalaman tentang kehidupan saya dalam keikutsertaan saya dalam organisasi didalam gereja. Hal ini menyangkut dengan hubungan antara agama dan masyarakat. Dalam gereja ada organisasi/perkumpulan komisi pelayanan anak atau yang disebut dengan 'sekolah minggu' dan komisi pelayanan pemuda. Saya melayani di 2 komisi tersebut. Di dalam komisi pelayanan anak, saya mengajar anak-anak sekolah minggu, dan di komisi pelayanan pemuda pun saya ikut aktif dalam beribadah dan pelayanan. Itulah mengapa agama sangat berperan penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Selain sebagai pedoman kita untuk beribadah kepada Tuhan, agama juga sangat berperan untuk kita agar saling membantu, saling mengingatkan satu dengan yang lain, dan sama-sama untuk belajar bagaimana beribadah kepada Tuhan dengan baik dan benar.





Sumber :

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - http://www.gunadarma.ac.id
    - http:/studentsite.gunadarma.ac.id
    - http://www..baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus